Kopi Hitam Pemikat Hati...mmmmm

Written By matamata on Saturday, October 15, 2011 | 5:49 AM


Warnanya menyeramkan, tidak menarik, hitam pekat tapi entah kenapa banyak orang yang menyukainya, itulah kopi hitam. Bahkan banyak yang bilang, nikmatnya kopi justru disitu, hitam pekat dan pahit tak bercampur apa-apa hanya sedikit pemanis.
Ada hal berbeda dari kopi hitam asli ini, dibanding kopi-kopi saat ini (yang biasa disebut kopi instant). Yapz, kopi instant, beraneka rasa dan merk yang kini banyak beredar. Siapapun bisa membuatnya dengan mudah, hanya dengat menuangkannya ke cangkir dan menambahkan air panas, kopi pun siap dinikmati. Bahkan istilah kasarnya, orang dengan IQ jongkok pun bisa membuatnya.
Lalu, untuk kopi hitam??hem, ternyata tak semudah itu. Butuh sebuah takaran yang pas untuk membuatnya. Saya sendiri, dahulu pernah mencoba membuatnya(ini karena penasaran kenapa orang begitu menyukainya) sendiri. Tapi hasilnya (uweeek..) rasanya tidak karuan, dan pilihan saya pun jatuh ke kopi instant ( ^_^). Karena memang membuat kopi hitam tidak mudah. Almarhum paman saya adalah penikmat kopi hitam, setiap minum kopi, maka ia sendiri yang membuat takarannya, mungkin karena tidak sesuai rasa yang diinginkan.
Akhirnya, saya pun berhasil membuat secangkir kopi hitam nikmat menurut saya, dengan takaran saya sendiri. Dan ada hal yang saya dapat dari secangkir kopi hitam ini. Bahwa ternyata, anda tidak akan bisa membuat kopi hitam yang nikmat bila pertama kali membuat. Karena membuat kopi hitam ini butuh proses, dan anda harus mencoba terus dan terus hingga akhirnya mendapatkan rasa yang ideal yang anda sukai. Seorang Barista (pembuat minum) yang handal sekalipun tidak akan bisa membuat kopi yang nikmat untuk anda, karena kopi hitam itu sebenarnya hanya anda yang tahu bagaimana caranya membuat yang nikmat.
Sama halnya dalam hidup ini, untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, anda harus mencoba dan terus mencoba. Anda tidak bisa hanya sekali mencoba, tapi butuh sebuah proses. Dan dalam hidup, segala hal yang anda inginkan ditentukan oleh anda sendiri, bukan orang lain. Karena hanya anda yang tahu apa yang anda ingini.
Hanya kamu yang tahu berapa takaran ideal membuat secangkir kopi hitam, yang kamu sukai. Karena hanya kamu yang tahu apa yang kamu sukai dalam hidup ini.