Sehat Itu Mudah dan Murah...Bener Ga Sih ??

Written By matamata on Saturday, October 15, 2011 | 5:54 AM


Siapa bilang sehat itu mahal. Justru sakitlah yang mahal. Perlu keluar biaya untuk beli obat, bahkan mungkin ada biaya untuk rawat inap jika memang harus masuk rumah sakit.
Saya berani bilang bahwa sehat itu mudah dan murah. Dan Anda cukup diminta untuk cerdas. Cerdas untuk memilih dan memilah, cerdas menilai kemudian memulai, cerdas mengambil atau membuang, cerdas untuk berani berkata TIDAK pada segala sesuatu yang merugikan kesehatan Anda.
Mungkin ada yang tahu motto UKS ( Usaha Kesehatan Sekolah ) ?
SAY NO TO DRUGS !
SAY NO TO SMOKE !
SAY NO TO DRINKS !
SAY NO FREE SEX !
UKS YES, PRESTASI YES !
Dari motto itu sebenarnya bisa dipahami bahwa pola pikir dan gaya hidup sehat harus dimulai sedini mungkin. Dimulai dari seorang individu yang merupakan unsur terkecil dari sebuah komunitas terkecil yaitu keluarga.
Dulu, Indonesia punya cita-cita Menuju Indonesia Sehat 2010, ternyata sampai saat ini cita-cita itu belum bisa terwujud. Optimis saja saya katakan belum bisa karena dengan keyakinan penuh saya yakin bisa. Kenapa bisa ? Karena Indonesia memang punya potensi. Hanya saja sampai saat ini potensi itu belum terasah karena Indonesia masih dalam taraf berkembang menuju dewasa.
Seperti halnya seorang manusia yang terus berkembang menjadi manusia dewasa, pasti banyak terpaan badai dan amukan gelombang yang mungkin bisa meruntuhkan pondasi dirinya. Berkali-kali jatuh dan berkali-kali pula bangkit.
Merubah sebuah pemikiran yang berimbas pada perubahan perilaku bukanlah hal yang mudah. Perlu proses. Perlu kematangan dan kedewasaan dalam berinteraksi sehingga bisa ditemukan sebuah pola berkehidupan yang selaras dan seimbang untuk bisa diterapkan dalam sebuah Negara yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, seperti Indonesia.
Lalu, bagaimana bisa dikatakan bahwa sehat itu mudah dan murah. Mudah karena memang tidak perlu kerja keras hanya latihan sedikit demi sedikit sampai akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Murah karena memang tidak perlu biaya besar hanya perlu sedikit kemauan untuk merubah pola pikir dan gaya hidup.
CERDAS UNTUK SEHAT
Kecerdasan adalah anugrah. Meski tingkatannya berbeda-beda, setiap manusia pasti dilengkapi dengan otak yang membuatnya bisa berpikir ( kecuali yang sejak lahir memang ada kelainan otak yang berefek pada penurunan fungsi berpikirnya ). Salah satu fungsi kecerdasan adalah kemampuannya untuk mencari sumber yang benar dan tepat sesuai masalahnya. Jika ada yang mengatakan “ serahkanlah urusan pada ahlinya “ menurut saya itu bukan sekedar slogan. Karena memang begitulah seharusnya.
Saya yakin Anda perlu waktu tidak lebih dari sepuluh detik untuk memutuskan pilihan sebuah gaya hidup. Dan pasti pilihannya adalah GAYA HIDUP SEHAT. Karena tidak ada satu manusiapun yang ingin sakit. Seperti halnya tidak ada satu manusiapun yang ingin hidupnya tidak bahagia.
So, apa pilhan Anda ? ^__^